Apakah Daun Yakon Baik untuk Ginjal? Ini 3 Manfaatnya untuk Ginjal

Apakah Anda sempat bertanya-tanya dampak mengonsumsi daun yakon bagi kesehatan ginjal? Penelitian menunjukkan bahwa daun yakon bisa meningkatkan fungsi ginjal, loh!

Mengetahui bahwa Daun Insulin alias daun yakon dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, pasti menjadi terbesit di benak Anda, apakah mengonsumsinya dalam jangka panjang akan aman untuk kesehatan ginjal?

Anda penasaran, mengapa daun yakon dijuluki Daun Insulin? Cek ini yuk

Ginjal merupakan organ pada sistem ekskresi alias organ dengan fungsi sebagai pengatur pengeluaran dan pembuangan ampas hasil metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Ginjal menjadi salah satu organ vital dalam tubuh. Organ ini memiliki bentuk yang serupa kacang dan terletak di belakang perut, tepatnya di bawah hati dan limpa.

Organ ginjal juga memiliki dua bagian, yakni kiri dan kanan. Organ ini mengandung nefron atau saringan darah yang berbentuk sangat kecil dengan jumlah kurang lebih sebanyak satu juta. Fungsi utamanya adalah menyaring darah dengan nefron. Maka dari itu, jika organ ini terganggu maka akan menyebabkan banyak masalah untuk tubuh. Lalu apa saja tugas-tugas lain dari ginjal?

Fungsi Ginjal

Dilansir dari P2PTM Kemenkes, berikut adalah fungsi-fungsi kerja dari organ ginjal : 

  1. Menyaring hasil metabolisme tubuh yang ada di dalam darah, sekitar 120-150 liter perhari
  2. Membuang hasil yang tidak diperlukan tubuh melalui urine
  3. Mengendalikan keseimbangan air
  4. Mengatur sel darah
  5. Mengatur tekanan darah
  6. Mengatur kadar garam

Proses Kerja Ginjal dalam Sistem Ekskresi

Proses kerja organ ginjal dalam sistem ekskresi dimulai ketika darah yang mengandung limbah hasil metabolisme masuk ke ginjal melalui arteri renalis. Darah kemudian mengalir melalui jaringan kapiler di dalam ginjal yang disebut glomerulus. Nah, di sinilah bahan-bahan limbah seperti urea, kreatinin, dan asam urat, kelebihan air, garam, hingga elektrolit disaring untuk dipisahkan dari darah oleh membran glomerulus. Hasil filtrasi ini kemudian mengalir ke dalam tubulus ginjal.

Kemudian tubulus ginjal kembali menyerap air, garam, dan nutrisi yang masih dibutuhkan oleh tubuh, sedangkan limbah dan produk sampingan terus dibuang melalui urin yang terbentuk. Urin kemudian mengalir ke dalam kandung kemih melalui ureter hingga akhirnya dikeluarkan dari tubuh melalui uretra. Proses ekskresi di ginjal juga dipengaruhi oleh hormon antidiuretik (ADH) dan aldosteron, yang memengaruhi jumlah air dan elektrolit yang diserap kembali ke dalam darah.

Secara keseluruhan, ginjal bekerja secara efisien untuk membuang limbah produk sampingan dari tubuh, menjaga keseimbangan cairan maupun elektrolit, serta membantu menjaga keseimbangan pH darah. Ginjal adalah bagian penting dari sistem ekskresi manusia dan berperan dalam memastikan kesehatan dan kelancaran sistem ekskresi secara keseluruhan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kerusakan dan gangguan pada fungsi ginjal adalah penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, infeksi, penggunaan obat-obatan, penggunaan suplemen tertentu hingga paparan bahan kimia yang beracun. Namun pertanyaannya adalah apakah daun yakon termasuk hal yang dapat merusak ginjal kita?

Penelitian Tentang Daun Yakon

Terdapat sebuah penelitian dari Mugorrobin (2014), tentang efek daun yakon terhadap kadar glukosa darah, berat badan, berat organ pankreas, ginjal dan jantung pada mencit. Penelitian dilakukan pada mencit karena mencit merupakan salah satu hewan dengan  organ yang menyerupai manusia. Mencit juga mudah diurus dan cepat berkembang biak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun yakon yang diberikan secara berkala pada mencit dapat memperbaiki kadar gula darah, menurunkan berat badan serta dapat menghambat terjadinya kerusakan ginjal maupun jantung. Ingin tahu lebih lengkap soal khasiat daun yakon untuk kesehatan? Klik ini ya.

Penelitian ini menjadi salah satu contoh bahwa tidak ada kerusakan ginjal yang terjadi akibat mengonsumsi ekstrak daun yakon. Sebaliknya, fungsi ginjal dan jantung semakin membaik karena ekstrak daun yakon memiliki efek antioksidan dan anti inflamasi. Penelitian lainnya, yakni penelitian dari Jurnal Majority (2016), menunjukkan bahwa ekstrak daun yakon memiliki senyawa chlorogenic acid dan tryptophan yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini berfungsi untuk melindungi organ-organ tubuh dari kerusakan, salah satunya organ ginjal.

Lalu apa saja ya manfaat dari ekstrak daun yakon untuk ginjal? Yuk simak selengkapnya ya!

Manfaat Daun Insulin alias Daun Yakon untuk Ginjal

Daun yakon tak hanya baik untuk penderita diabetes, tapi juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh secara keseluruhan, termasuk organ ginjal. Lalu apa saja manfaat daun yakon untuk ginjal? Berikut adalah beberapa manfaat daun yakon untuk organ ginjal:

1. Mencegah pembentukan batu ginjal

Meskipun pembentukan batu ginjal tidak memiliki penyebab utama yang pasti, namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan resiko seseorang mengalami batu ginjal. Batu ginjal dapat terbentuk ketika urine Anda memiliki kandungan pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat atau asam urat yang berlebihan daripada yang dapat diencerkan oleh cairan dalam urin. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit di punggung, nyeri pada pangkal paha, buang air yang menyakitkan hingga demam.

Nah, dalam daun yakon terdapat beberapa senyawa aktif yang dapat mencegah terjadinya batu ginjal seperti asam klorogenat, kafeat, dan asam ferulat yang diyakini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Senyawa-senyawa ini dapat membantu mencegah oksidasi dan peradangan di dalam tubuh yang menyebabkan kerusakan pada ginjal atau memicu pembentukan batu ginjal.

Selain itu, daun yakon juga mengandung senyawa flavonoid seperti kaempferol dan quercetin. Senyawa ini dapat bantu menghambat pembentukan batu ginjal dengan mempengaruhi konsentrasi ion kalsium dan oksalat di dalam tubuh. Selain itu, kaempferol juga dapat membantu meningkatkan produksi urine dan membantu membuang racun dari dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya pembentukan batu ginjal.

2. Menurunkan kadar gula darah

Faktanya, menurunkan kadar gula darah juga memiliki pengaruh yang positif pada ginjal, sebab saat kadar gula darah tinggi ginjal harus bekerja lebih keras untuk membuang gula yang berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal seiring waktu dan meningkatkan risiko penyakit ginjal.

Kerusakan ginjal yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi terjadi secara bertahap dan umumnya tidak menimbulkan gejala yang terlihat. Namun, jika dibiarkan terus menerus, kerusakan ini dapat menyebabkan Anda mengalami gagal ginjal dan memerlukan pengobatan yang intensif seperti dialisis atau transplantasi ginjal.

Dalam mengatasi kadar gula darah berlebihan, daun yakon mengandung tiga senyawa utama yakni endhidrin, uvedalin dan sonchifolin. Ketiga senyawa tersebut berperan dalam meningkatkan produksi dan sensitivitas insulin, sehingga tubuh dapat melakukan metabolisme gula dengan lebih baik. Daun yakon juga mengandung senyawa FOS yang mencegah pemecahan karbohidrat menjadi glukosa, sehingga kadar gula darah Anda tidak melonjak setelah makan.

Ingin tahu lebih lanjut soal mekanisme daun yakon menurunkan kadar gula darah? klik ini ya!

3. Meningkatkan fungsi ginjal

Daun yakon juga diketahui memiliki efek diuretik, yang berarti dapat meningkatkan produksi urine dan membantu membuang racun dari dalam tubuh. Hal ini dapat membantu meningkatkan fungsi ginjal secara keseluruhan dalam melakukan proses ekskresi.

Nah, semoga dengan tulisan ini Anda jadi mengerti bahwa daun yakon memiliki efek yang positif dalam meningkatkan fungsi ginjal hingga mencegah penyakit batu ginjal. Bagaimana, apakah setelah mengetahui manfaat daun yakon untuk ginjal Anda jadi tertarik mengonsumsi daun yakon?

Jangan lupa ya, agar Anda memiliki kesehatan yang maksimal, imbangi mengonsumsi daun yakon dengan menjaga pola makan serta olahraga yang teratur. Semoga bermanfaat ya!