OBAT DIABETES DAN PENANGANAN NEUROPATHY YANG AMAN

Peripheral neuropathy dikenal juga dengan diabetes neuropathy memiliki metode pengobatan dan obat diabetes yang berbeda dengan yang lain. Mengenal tentang diabetes neuropathy membantu semua orang untuk mempersiapkan diri terhadap kondisi ini. Baik keluarga atau pasien sendiri diharapkan untuk paham tentang penggunaan obat diabetes untuk neuropathy termasuk berbagai metode lain untuk menyembuhkan neuropathy yang sering disarankan dokter. Diabetes neuropathy sangat berbahaya bagi pasien diabetes karena jika tidak ditangani dengan benar bisa berujung pada resiko amputasi.

Lebih dari setengah pasien diabetes memiliki salah satu jenis neuropathy terutama jika gula darahnya tidak terkontrol. Tetapi bukan berarti diabetes adalah satu-satunya penyebab neuropathy. Neuropathy bisa juga disebabkan karena masalah metabolisme, terluka, infeksi, gerakan yang berulang-ulang. Seseorang yang mengalami diabetes neuropathy akan mengalami mati rasa, lemah dan sakit terutama di bagian kaki dan tangan, syaraf-syaraf yang biasa digunakan untuk bergerak sehari-hari.

 

Mengenal neuropathy, obat untuk diabetes dan pengobatan lainnya

Ada beberapa kondisi yang akan dialami seseorang ketika didiagnosis dengan neuropathy. Jika neuropathy telah mempengaruhi syaraf motorik, tubuh akan merasakan lemah di beberapa bagian dan sulit untuk mengenali suhu panas. Jika neuropathy mempengaruhi sistem syaraf autonomic, maka pasien akan merasa memiliki masalah pencernaan dan sakit kepala ringan. Neuropathy memang bisa menyerang tidak hanya syaraf yang mengendalikan gerakan tangan dan kaki saja, tetapi termasuk juga syaraf yang menggerakan organ tubuh secara otomatis, seperti syaraf yang mengatur pergerakan jantung, paru-paru dan lambung. Jika neuropathy sudah mempengaruhi syaraf tersebut, maka beberapa gerakan organ dalam tubuh juga jadi terganggu.

Untuk kondisi neuropathy yang menyerang kaki dan tangan, obat diabetes dan krim khusus digunakan untuk meredakan rasa sakit akibat neuropathy. Beberapa dokter menyarankan obat diabetes atau krim tergantung dengan kondisi dan kebutuhan pasien. Dalam beberapa kasus, dokter juga menggunakan antidepresan dan electric nerve stimulation untuk metode pengobatan neuropathy.

Selain dengan bantuan obat, pasien diabetes neuropathy juga dibantu dengan terapi fisik untuk meningkatkan pergerakan dan koordinasi otot serta syaraf. Jika kondisi sudah semakin parah, pasien dengan diabetes harus menjalani prosedur operasi untuk mengurangi tekanan pada syaraf.

Tapi tentu saja pasien juga harus berusaha untuk memperbaiki gaya hidupnya untuk meningkatkan kondisi syarafnya dan mencegah berbagai komplikasi lain. Pasien diabetes diharapkan untuk bisa rutin berolahraga, makan makanan sehat, menghindari rokok serta alkohol. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek kondisi kaki untuk mendeteksi adanya luka dan goresan. Selalu gunakan kaus kaki katun yang longgar dan nyaman serta sepatu yang empuk. Ini untuk menghindari kaki terluka ketika berjalan akibat kaus kaki yang terlalu ketat, kasar dan sepatu yang terlalu keras.

 

Baca juga: DIABETES DENGAN MANAJEMEN YANG TEPAT