Ini Khasiat Daun Insulin Yakon untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Tahukah Anda bahwa daun insulin yakon tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi diabetes saja? Faktanya kandungan dari daun yakon ini bisa mengatasi kolesterol, loh!

Kolesterol merupakan jenis lemak yang dibutuhkan tubuh. Namun, Anda pasti mengetahui bahwa kadar kolesterol yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius, seperti penyakit jantung ataupun stroke.

Maka dari itu diperlukan berbagai langkah pencegahan untuk mencegah kenaikan kadar kolesterol. Beberapa langkahnya yaitu menciptakan pola hidup sehat seperti berolahraga dengan rutin, memakan makanan sehat hingga mengonsumsi herbal yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Salah satu herbal yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol adalah daun yakon.

Daun yakon memang sudah dipercaya sedari lama sebagai herbal untuk mengatasi berbagai penyakit karena kandungan di dalamnya. Beberapa penyakit yang dapat diatasi oleh daun yakon adalah demam, infeksi, sakit kepala, kadar gula darah tinggi, hipertensi serta kadar kolesterol yang tinggi. Yakon pertama kali ditemukan pada Pegunungan Andes, Peru. Semenjak itu, daunnya kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti suplemen makanan atau dijadikan obat.

Baca Juga : Ini Alasan Daun Yakon Mendapat Julukan Daun Insulin

Dikarenakan kemampuannya yang mumpuni dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti kolesterol tinggi, daun yakon mulai didistribusikan ke berbagai negara, hingga tiba di Indonesia. Di Indonesia sendiri, daun yakon cukup terkenal dan mendapat julukan sebagai Daun Insulin. Beberapa penelitian juga dilakukan untuk menguji efektivitas daun yakon akan penurunan kadar kolesterol. Salah satunya adalah hasil penelitian yang dilakukan oleh Ardanareswari (2015). Penelitian ini menunjukkan bahwa ekstrak daun yakon memiliki efek untuk menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah jika diberikan atau dikonsumsi secara berkala. 

Pada tulisan kali ini, kita akan membedah apa saja manfaat dari daun yakon yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah sebelum itu, mari kita bahas tentang kolesterol dan mengapa kenaikan kolesterol yang berlebihan berbahaya bagi tubuh.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang diperlukan tubuh, dan dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti daging, berbagai olahan susu, makanan cepat saji maupun gorengan. Nah, kolesterol menjadi komponen yang penting bagi tubuh karena membantu membangun dinding sel, menghasilkan berbagai hormon serta vitamin yang diperlukan tubuh.

Kolesterol sendiri diklasifikasikan ke dalam dua jenis, yakni kolesterol HDL (high-density lipoprotein) serta kolesterol LDL (low-density lipoprotein). HDL kerap disebut kolesterol baik karena kinerjanya yang membantu mengangkut kolesterol dari arteri ke hati untuk dibuang dari tubuh. Sebaliknya, LDL memiliki julukan sebagai kolesterol jahat karena memicu penumpukan di dinding arteri. 

Nah, jika kadar kolesterol dalam tubuh Anda terlalu tinggi, maka akan berpotensi mengundang berbagai penyakit yang berbahaya. Sebab, kadar kolesterol yang terlalu tinggi dalam darah akan menyebabkan pembuluh darah menjadi lebih sempit, kemudian mempengaruhi aliran darah ke jantung, otak, serta organ lainnya. Selain itu, kolesterol yang tidak terkendali dapat membentuk plak di dalam arteri dan membatasi aliran darah ke jantung dan otak. Plak ini dapat pecah, sehingga terjadilah serangan jantung ataupun stroke.

Lalu bagaimana kerja daun yakon untuk mengatasi kadar kolesterol dalam darah yang tinggi? Baca sampai habis yaa, agar Anda mengetahui mekanisme kerja Daun Insulin Yakon untuk menurunkan kadar kolesterol.

Mekanisme Kerja Daun Yakon Atasi Kadar Kolesterol

YAKON - KEMBALI SEHAT, KEMBALI BAHAGIA

Daun yakon memiliki senyawa bernama fructooligosaccharides (FOS) yang diketahui mambu membantu mengatasi berbagai penyakit, salah satunya bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. FOS merupakan senyawa karbohidrat yang terdiri dari beberapa unit fruktosa. FOS tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan manusia sehingga dapat melewati usus kecil dan mencapai usus besar tanpa terurai.

Nah, dalam bekerja, FOS akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. FOS akan mengikat asam empedu di usus halus dan mengeluarkannya dari tubuh, sebab hati memerlukan asam empedu untuk memproduksi kolesterol. Penurunan asam empedu tersebut dapat mengurangi produksi kolesterol dan meningkatkan pemecahan kolesterol dalam darah.

Baca Juga : 5 Manfaat Ekstrak Daun Yakon untuk Diabetes

Tak hanya itu, FOS akan meningkatkan jumlah bakteri baik (probiotik) di usus yang dapat membantu untuk mencerna makanan, menghasilkan vitamin serta menjaga kesehatan usus. Nah, usus yang sehat akan membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh Anda. Jika tubuh Anda diberi asupan senyawa FOS dengan rutin, tentu akan berpengaruh positif pada perubahan tubuh.

Senyawa lain dalam daun yakon yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol ialah chlorogenic acid. Senyawa ini diketahui memiliki efek yang baik untuk kesehatan seperti antioksidan dan anti inflamasi. Melalui senyawa chlorogenic acid dalam daun yakon, kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) pada tubuh Anda akan menurun. Hal ini dikarenakan  chlorogenic acid dapat meningkatkan pemecahan lemak di hati, sehingga mengurangi produksi kolesterol dalam tubuh.

Chlorogenic acid juga bekerja untuk meningkatkan metabolisme kolesterol dalam tubuh, sehingga membantu tubuh Anda untuk lebih efektif dan efisien dalam membuang kolesterol. Efek anti inflamasi dari senyawa ini juga mencegah penyempitan dinding akibat penumpukan plak, pembuluh darah pecah, penyumbatan otak hingga hingga kerusakan ginjal dan jantung. 

Selain Chlorogenic acid, ada senyawa polifenol lain yang ditemukan dalam daun yakon yakni asam kafeat. Beberapa penelitian telah menunjukkan asam kafeat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dengan cara menghambat penyerapan kolesterol oleh sel-sel usus. Senyawa asam kafeat juga diketahui dapat meningkatkan aktivitas enzim hati yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan kolesterol dari tubuh.

Baca Juga : Bagaimana Diabetes Bisa Sembuh dengan Daun Insulin Yakon

Setelah mengetahui berbagai manfaat dari kandungan daun yakon, apakah anda tertarik untuk mengonsumsinya? Berikut adalah tips untuk mengolah daun yakon menjadi teh untuk Anda konsumsi!

Cara Mengolah Daun Yakon untuk Dikonsumsi

Mengolah daun yakon menjadi minuman sehat sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu menemukan metode yang tepat dalam pengolahannya. Nah, berikut adalah tips pengolahan daun yakon menjadi teh sehat yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

Teh Daun Yakon

  1. Ambil beberapa lembar daun yakon, dan cuci bersih
  2. Jemur daun yakon dengan terbalik hingga kering
  3. Gerus daun yakon. Jika Anda kesulitan, cukup potong-potong menjadi kecil
  4. Rebus air hingga mendidih dan masukan daun yakon
  5. Tunggu hingga beberapa menit, lalu tuangkan pada gelas
  6. Teh yakon sudah siap minum. Jika rasanya terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu asli

Demi hasil yang maksimal dalam menurunkan kadar kolesterol, sebaiknya Anda mengonsumsi teh daun yakon ini secara rutin, yakni dua kali sehari ataupun sesuai kebutuhan. Jika Anda terlalu malas dalam mengolahnya atau merasa kesulitan mencari daun yakon, Anda bisa mengonsumsi obat herbal Yacona. Diformulasikan dengan daun yakon, salam dan sambiloto yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol serta membuat tubuh Anda lebih sehat.

Nah itu dia kandungan-kandungan dari daun yakon yang bantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi daun yakon sebaiknya dibarengi dengan membuat pola hidup sehat seperti berolahraga secara rutin atau menerapkan pola makan yang sehat.