OBAT HERBAL DIABETES DARI DAUN INSULIN

Daun InsulinDiabetes merupakan penyakit metabolik dengan karakteristik hiperglikemia yaitu kondisi peningkatan rasio gula dalam plasma darah hal tersebut disebabkan karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedua duanya.

Penyakit diabetes miletus adalah penyakit menahun yang akan disandang seumur hidup. Meski tidak bisa sembuh diabetes dapat dikendalikan. Fakta lain dari diabetes miletus yaitu risiko komplikasi, namun diabetes yang terkendali dapat meminimalisir risiko tersebut.

Mengendalikan diabetes selain melalui pengobatan dokter, penerapan pola hidup sehat, juga dapat melalui pengobatan herbal yang telah direkomendasikan oleh tenaga ahli yang memenuhi kualifikasi. Obat herbal dapat menjadi alternatif yang baik dalam pengenadalian diabetes miletus karena obat herbal terbuat dari bahan-bahan organik. Lalu bagaimana cara memilih dan menetukan obat herbal yang baik? belakangan kita mulai mengenal daun insulin. Apa itu daun insulin? seperti apa? di artikel ini akan kita bahas dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Mengenal Obat Herbal Diabetes Dari Daun Insulin

Mengapa insulin menjadi pembahasan penting saat membicarakan diabetes miletus?

Pertama kita harus mengetahui bahwa insulin merupakan hormon utama yang berperan dalam metabolisme energi, dan memiliki efek menurunkan konsentrasi glukosa darah. Pada kondisi diabetes, terjadi penurunan produksi insulin akibat regulasi sekresinya terganggu atau terjadi kerusakan fungsional pada sel β pankreas.

Lalu apa itu Daun Insulin?

Sebenarnya daun insulin hanyalah istilah untuk tumbuhan yang dapat mengatasi kelainan tersebut. Nama aslinya yaitu Smallanthus sonchifolius atau yang lebih dikenal sebagai daun yakon. Inilah daun yang mampu diolah menjadi obat herbal diabetes. Tanaman ini berasal dari Meksiko yang menyebar ke pegunungan Andes Amerika Serikat. Daun yakon berbeda dengan daun paitan dilihat dari bentuk daunnya daun yakon lebih lebar tidak begitu menjari, sedangkan daun paitan lebih menjari. Terdapat bulu halus pada batang tumbuhan yakon sedangkan pada batang paitan lebih halus tak berbulu. Dan terdapat umbi berwarna coklat yang rasanya manis pada tanaman yakon sedangkan pada tanaman paitan tidak memiliki umbi sama sekali.

Cara kerja Obat Herbal Diabetes Dari Daun Insulin

Untuk mengetahui bahwa obat herbal dari daun insulin ini dapat menjadi solusi tepat untuk pengobatan diabetes maka kita harus membedah lebih dalam bagaimana obat herbal tersebut bekerja dalam tubuh.

Berikut ini adalah mekanisme ekstrak daun yakon bekerja:

  • Pada daun yakon terdapat senyawa sonchifolin, polimatin B, uvedalin dan enhydrin yang memiliki efek sebagai antidiabetes dengan dua mekanisme yaitu menghambat proses glikogenolisis dan glukoneogenesi. Glikogenolisis merupakan proses pemecahan glikogen dalam hati menghasilkan glukosa, sedangkan glukoneogenesis merupakan proses sintesis glukosa dari produk non-karbohidrat yaitu piruvat, laktat, alanin, maupun asam amino lainnya. Dengan penghambatan proses glikogenolisis dan glukoneogenesis maka terjadi penghambatan pembentukan glukosa dalam tubuh.
  • Mekanisme lain yaitu dengan cara meningkatkan konsentrasi insulin dalam plasma. Insulin merupakan hormon utama yang berperan dalam metabolisme energi, dan memiliki efek menurunkan konsentrasi glukosa darah. Pada kondisi DM, terjadi penurunan produksi insulin akibat regulasi sekresinya terganggu atau terjadi kerusakan fungsional pada sel β pankreas. Berdasarkan hal diatas maka mekanisme kerja daun yakon secara holistik dengan meningkatkan konsentrasi insulin plasma dapat menyebabkan penurunan konsentrasi glukosa darah.
  • Mekanisme lain dengan perbaikan sel beta-pankreas, hal ini berasal dari kandungan kimiawi yakon yang dapat menghambat agen-agen perusak sel beta pankreas. Daun yakon mengandung antioksidan berupa chlorogenic acid . Senyawa yang terkandung di dalam daun yakon ini memiliki potensi untuk dapat menghambat mekanisme perusakan sel beta pankreas.
  • Daun yakon juga mengandung senyawa melampolide. Suatu sesquiterpen lakton yang memiliki aktifitas menghambat pembentukan nitric oxide (NO). NO merupakan gas radikal bebas yang mudah larut dan berumur pendek. Secara fisiologis NO dapat berperan dalam reaksi inflamasi dan vasodilatasi. Akan tetapi pada kadar yang berlebihan NO dapat berperan langsung dalam berbagai mekanisme cedera jaringan seperti menyebabkan kerusakan endotel disertai trombosis dan inaktifasi permeabilitas. NO dapat merusak sel beta pankreas dengan mekanisme dimulai dari nekrosis sel dan diakhiri dengan apoptosis sel. Dengan adanya kandungan senyawa melampolide dalam ekstrak daun yakon, maka pembentukan radikal bebas NO yang berlebihan dapat dihambat untuk mencegah kerusakan sel beta pankreas, ini berarti senyawa sesquiterpen lakton melampolide juga memiliki mekanisme sebagai antioksidan untuk melindungi sel beta pankreas dalam terapi diabetes mellitus.

 

Demikian adalah mekanisme obat herbal diabetes dari daun insulin bekerja menangani penyakit diabetes miletus. Obat herbal diabetes dari daun insulin ini diproduksi melalui serangkaian penelitian ilmiah oleh ilmuan-ilmuan terpercaya sehingga dapat menjadi pilihan alternatif yang baik bagi penyandang diabetes.